Pengalaman Auto-cancel Air BNB (Untung dapat gantinya)

2 bulan sebelum keberangkatan ke Hokkaido, saya mendapat berita buruk bahwa regulasi Air BNB jepang diperketat dan setiap host wajib registrasi semua listingnya untuk mendapatkan/Memperbaharui license number.

Buruknya, host #1 saya belum mengurus hal tersebut dan begitu dikontak, dia tidak membalas. Seperti hilang ditelan bumi.

Air BNB Japan Support mengirimkan email ke saya yang intinya menawarkan 2 opsi :

1) Cancel saat itu, lalu uangnya direfund, kemudian diberikan kompensasi tambahan sebesar biaya sewa kita

atau..

2) Menunggu sampai 10 hari jelang keberangkatan, siapa tahu Host berhasil memperbarui licensenya dan tetap bisa hosting kita. Kalau 10 hari jelang keberangkatan tidak ada kabar, berarti otomatis batal. Uang refund.

Saya pilih opsi kedua karena berpikir siapa tahu si Host sedang sibuk. Saya juga sedang sibuk, masih mengurusi playdate anak-anak di komunitas.

Fast forward 1 bulan setelahnya, saya mulai panik karena host tidak kunjung membalas pesan saya. Barulah saya kontak lagi AirBNB Support. Orang supportnya bilang akan bantu menghubungi host.

Setelah menunggu dan menunggu, akhirnya pesan tak kunjung dibalas. πŸ˜‘πŸ˜‘πŸ˜‘ 10 hari jelang keberangkatan, host #1 saya auto-cancel. Pak Suami panik dan mulai rungsing ke saya.. Iya laah.. masa kami luntang lantung di negeri orang, bawa anak kecil pula. Untungnya Air BNB mengembalikan nominal sewa utuh, plus tambahan kupon sejumlah sewanya dan Voucher $100 untuk Air BNB Experience. Horee! (Harga sewa $176 + Additional $176 + Voucher )

Ini pengalaman pertama saya booking Air BNB dan dicancel pula sama Hostnya. Untungnya, Japan Support sangat membantu dan kooperatif sekali. Mereka bela-belain telpon internasional ke saya untuk menjelaskan soal situasi disana. (Disuatu pagi.. tiba-tiba nomer asing masuk ke hape saya … oh oh siapa dia.. 🎢🎢)

(Stop nyanyi, emak)

Kemudian rikues saya yang agak-agak nyeleneh dipenuhi pula. Saya sempat lupa memasukkan kode kupon yang berakibat saya harus bayar full amount Host baru yang harganya 2x dari host sebelumnya. Kembali diomelin sama Pak Suami karena saya kesannya gak fokus #AdaAqua tapi saya jelaskan human error saya, dan setengah mengemis minta dimaklumi πŸ™ˆπŸ™ˆ. Untungnya mereka memaklumi dan mentransfer nominal kupon ke CC saya biar saya ga bayar full amount. (Selamat gue ga rugi 2,5 jeti πŸ˜₯πŸ˜₯)

Baik banget kan? Tapi cuma berlaku 1x saja hanya karena saya anak baru di dunia perAirBNBan. Selanjutnya no more stupidity πŸ˜…πŸ˜….

Kalau ditanya sekarang, apakah gue akan merekomendasi orang untuk pakai Air BNB? Yes banget. Make sure you read every instructions thoroughly because they are kinda the best deals ever.

Silahkan daftar Airbnb dan dapatkan diskon $31 untuk pengalaman pertamamu. Pakai invitation dari saya saja : https://www.airbnb.com/c/nareswariputris?s=41&user_id=159995322&ref_device_id=d829f88541a24269

πŸ˜‰πŸ˜‰πŸ˜‰

Salam travelling murah

~ Nares for Travelling Mikana ~

#reviewAirBNB #JapanSupport

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *